Rabu, 26 Mei 2010

Bintang Jatuh

Bintang jatuh sebenarnya adalah benda langit yang jatuh ke bumi yang kita kenal sebagai komet.
Bumi kita sebenarnya sangat sering kejatuhan oleh benda-benda langit di sekitar bumi yang ukurannya pun beragam. namun tidak banyak yang dapat sampai ke permukaan bumi karena bumi kita dikaruniai sebuah "payung" yang kita kenal sebagai Atmosfer. Atmosfer melindungi bumi kita dari hantaman-hantaman benda langit yang terkena gaya gravitasi bumi.

Menonton fenomena "bintang jatuh" bisa menjadi satu hal yang menyenangkan apalagi jika bersama oang-orang yang kita sayangi, pasti akan sangat berkesan.

Bintang jatuh biasanya terjadi pada malam malam tertentu serta pada malam bulan baru atau bulan sabit, yaitu  saat cahaya bulan tidak terlalu terang karena akan menghalangi pemandangan bintang jatuh. Fenomena ini merupakan siklus, jadi jika kita beruntung, kita bisa melihatnya dengan mempersiapkannya terlebih dahulu.

Berikut beberapa tanggal yang disarankan  untuk melihat fenomena bintang jatuh berikut dengan namanya:

3   Januari

Quadriantid
6   Mei

EtaAquarid
12  Agustus

Perseid
21  Oktober

Orionid
16  November

Leonid
13  Desember

Geminid

Untuk melihat hujan meteor diperlukan kesabaran, keuletan, serta ketelatenan. Karena hujan meteor biasanya nampak pada lewat tengah malam, sekitar pkl. 24.00 keatas serta memerlukan jarak pandang yang luas & tidak terlalu banyak cahaya. Selamat Mencoba !!! .
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar